kiat sukses membuka usaha laundry

“Ayo ning buka Usaha Laundry” ujar saudara saya. Pada saat kami baru geser ke sini

“ Tidak mau Mas, tidak sebanding ama kerjanya”

 (Walau  sebetulnya saya telah melakukan survey dahulu)


Saya katakan usaha Laundry itu lelah, betul-betul memercayakan tenaga fisik yang kuat, Tidak mungkin saja ditangani sendiri mesti ada karyawan yang membantu. Sekurang-kurangnya satu orang.

Dari menyortir pakaian, membersihkan, menjemur, serta yang paling lelah yaitu setrika pakaian. Belum lagi bila ada service antar jemput. haduh bila lagi sangat banyak, kaki kelihatannya telah ingin putus saja. Capek bener..

Saya kerap lembur hingga awal hari buat nyuci. walau saya mempunyai dua karyawan waktu itu. Tidak mungkin saja juga saya memperkerjakan mereka sepanjang 24 jam. Lantaran ngejar agar cucian dapat kering serta telah dapat di setrika besok paginya agar dapat segera diantarkan ke pelanggan.

Usaha Laundry saya pernah tekuni seputar 2 th.. Serta incomenya? lumayan jika tujuan bisa tercukupi :)

Kemaren saya memperoleh flyer lagi “ dibuka Laundry baru blabla sekilo Rp. 2000 harga promosi,

 (Lagi ngetrend kelihatannya Laundry di perumahan kami, di tiap-tiap gang kelihatannya ada. Jujur awalnya saya kaget dengan harga 2000 - 3000 perkilo gr, apa mereka tak tidak untung? Serta ini telah pernah saya pertanyakan pada seseorang rekan)

Serta jawabannya bikin saya terkejut

” harga di sini telah segitu, jadi kita ngikutin aja”

Iseng saya hitung, dengan tujuan pendapatan 1. 500. 000/bln. (masih tetap baru buka) bermakna mereka mesti memperoleh cucian sekurang-kurangnya 17 kg perharinya.

 (ini hanya perhitungan kasar saja)

Serta pengeluarannya :

Listrik = Rp. 200. 000/bulan

Karyawan 1 orang= Rp. 500. 000

dapat lebih bila ada antar jemput mesti ada 2 karyawan. Terkecuali bila anda atau suami dapat handle serta bantu kekosongan jika karyawan libur.

Bonus karyawan : mesti dipikirkan berapakah %, itung itung untuk rejeki. Bila upah layak karyawan bakal kerasan. Kita juga yang enak tidak bongkar-pasang karyawan.

Detergent/pemutih/pelembut/parfum= Rp. 200. 000

 (pakai merk D*ia) kalaulebih murah dapat buat detergent sendiri bila ingin berspekulasi permasalahan kebersihannya. Namun yang ini saya tak recommend lantaran, ditanggung pelanggan banyak yang ngacir.

Plastik, nota, pulpen, isi stapler = Rp. 50. 000

Cost transport = Rp150. 000 (antar jemput cucian) arti lain jemput bola.

Makan = mesti di pikirkan juga apakah mereka bawa makanan sendiri atau kita sediain.

Jadi tinggal berapakah? Tidak demikian banyak kan?

Di sini, bukanlah saya ingin mematahkan usaha Laundry rumahan cuma saja, baiknya dipikirkan dengan cara masak siapa targetnya, lalu banyak saingan di seputar yang pada akhirnya bakal berlangsung perang harga. Kita tidak mau kan usaha kita berhenti di dalam jalan disebabkan minimnya revenue.

Bila kalau saja kita tetep ngotot ingin buka Usaha Laundry terdapat banyak hal yang baiknya kita kerjakan diantaranya agar kita terus eksis :

Memastikan tujuan, apakah mahasiswa/sekolah perawat/rumahtangga. Bila ada villa atau hotel kecil dapat pula.
Mencari tahu dahulu kekurangan serta keunggulan saingan kita. Saat sebelum kita buka laundry kita mesti nyobain membersihkan ditempat mereka (baiknya pakaian berwarna putih, yang terserang noda atau pakaian yang gampang luntur). Dari sini kita dapat belajar, a pakah pakaian itu masih tetap berwarna putih, bukanlah putih kusam atau jadi kelunturan.
Mencari tahu harga saingan juga sebagai patokan harga.
Ingin pakai chemical apa/apakah dari penyuplai chemical laundry yang telah mempunyai nama seperti muryat*ch atau pakai detergen yang umum di pakai dirumah tangga.
Bikin service antar - jemput serta one day service (pagi datang sore jadi) Jadi tidak mesti nunggu 3 hari baru di antar, atau special order yang lain. Untuk menarik pelanggan.
Ngasih bonus. Contoh Laundry 10 kali dapet gratis nyuci 1 kali.
Menggabungkan usaha laundry dengan usaha lain umpamanya jualan aksesori, jilbab, pakaian, atau pembayaran on-line.
Yang paling utama kerja bersungguh-sungguh, serta selebihnya serahkan pada Tuhan.
Hmmm apa lagi ya, kelihatannya itu dahulu.


Ditulis Oleh : marghasamin ~ DosoGames

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul kiat sukses membuka usaha laundry yang ditulis oleh ahitfa saling berbagi yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di ahitfa saling berbagi

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top